7 Fakta Unik Puasa Ramadhan di Indonesia

7 Fakta Unik Puasa Ramadhan di Indonesia - Indonesia memang kaya akan keberagaman dan keunikan. Dalam pelaksanaan ibadah puasa pun terdapat fakta menarik yang patut kita simak. Apa sajakah itu? Berikut inilah rangkumannya lengkap.


1. Membangunkan Orang Sahur
Kegiatan unik ini telah berlangsung sejak lama dan sudah menjadi tradisi. Biasanya para warga yang membangunkan warga lainnya untuk sahur, berkeliling dengan membawa alat pukul seperti galon, penggorengan, dan lain sebagainya. Kata-kata yang paling umum diucapkan ialah "Sahur... sahur.." dengan nada yang mungkin sudah cukup lekat di telinga kita semua.


2. Kolak, Menu Berbuka Terpopuler

Fakta Unik Puasa Ramadhan
Ya, kolak ialah makanan khas berbukan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat dari Sabang sampai Merauke. Kebanyakan orang Indonesia, setiap berbuka selalu mengonsumsi kolak. Kolak yang merupakan makanan berbahan dasar pisang ini rasanya sangat manis dan tepat untuk dikonsumsi setelah seharian berpuasa. Kolak dapat dinikmati dengan hidangan pelengkap, seperti pacar cina.


3. Buka Bersama
Fakta Unik Puasa Ramadhan
Kegiatan yang biasa kita sebut dengan BukBer ini memang sudah menjadi kebiasaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, BukBer juga berfungsi sebagai ajang silaturahmi sesama muslim. Sekelompok orang yang ingin melaksanakan BukBer biasanya dilaksanakan di tempat tertentu, misalnya di Rumah Makan Padang, Restoran, dan yang lainnya.


4. Memukul Bedug Setiap Malam Hari

Fakta Unik Puasa Ramadhan
Ketika di bulan penuh berkah ini, hari-hari memang jadi lebih menyenangkan dibanding bulan lainnya. Salah satu penyebabnya adalah karena kita bisa mendengarkan alunan bedug yang dipukul oleh orang lain atau bahkan kita sendiri yang memukulnya. Kegiatan ini biasa dilakukan setelah selesai Sholat Tarawih di Masjid atau yang lebih semarak lagi pada malam takbiran.


5. Menyalakan Petasan
Fakta Unik Puasa Ramadhan
Jangan tiru adegan ini! Hanya dilakukan oleh professional
Maaf, gambar diatas hanya bercanda dan tidak boleh ditiru. Tradisi menyalakan petasan bukan hanya dilakukan pada tahun baru, tapi juga di bulan puasa. Biasanya orang-orang menyalakan petasan pada malam hari atau sesudah Sholat Tarawih.


6. Masjid Tiba-tiba Ramai di Minggu Pertama

Fakta Unik Puasa Ramadhan
Mungkin hampir di semua daerah dimana masjid yang biasanya sepi aktivitas di hari-hari biasa, menjadi sangat ramai di minggu pertama bulan Ramadhan. Namun sangat disayangkan juga, aktivitas membludak ini, lambat laun semakin menurun menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

 
7. Ngabuburit
Inilah salah satu tradisi unik yang sering kita lakukan pada bulan Ramadhan. Mungkin sobat semua sudah tahu apa itu ngabuburit. Ya, ngabuburit adalah aktivitas yang dilakukan seseorang untuk menghabiskan waktunya menjelang waktu untuk berbuka puasa tiba, misalnya dengan berjalan-jalan di pusat kota, beli makanan di mall, dan lain sebagainya.


Demikian artikel yang bisa Espilen Blog sampaikan tentang fakta unik puasa ini. Mohon maaf atas segala kekurangannya. Semoga memberikan manfaat