Wednesday, June 26, 2013

Inilah 10 Manfaat Berpuasa

Inilah 10 Manfaat Berpuasa - Secara umum, berpuasa merupakan kegiatan menahan diri dari hawa nafsu mulai dari sebelum terbit fajar hingga petang hari atau Maghrib. Dalam Islam, terdapat puasa yang wajib kita laksanakan yaitu puasa Ramadhan, yang dilaksanakan setiap bulan Ramadhan selama satu bulan penuh. Namun, tahukah Anda? Banyak sekali manfaat puasa yang bisa kita peroleh. Berikut inilah rangkumannya yang Espilen Blog dapatkan dari berbagai referensi.



Manfaat Berpuasa

1. Dapat Mengurangi Berat Badan
Puasa adalah cara yang paling cepat dan efektif untuk mengurangi berat badan, detoksifikasi , penyembuhan dan memperpanjang kemungkinan harapan hidup baik dengan cara preventif maupun kuratif.


2. Belajar Menjadi Orang yang Lebih Sabar dan Tenang
Sudah jelas, bahwa bila kita berpuasa dilarang untuk marah, dan melakukan hal-hal lainnya yang mengikuti nafsu sehingga kita dapat membiasakan diri untuk tenang dan sabar.


3. Sebagai terapi nutrisi yang natural
Puasa adalah salah satu cara penyembuhan alami terhebat yang pernah ada. Hampir bisa dikatakan bahwa puasa adalah obat dari semua masalah. Hewan pun secara insting akan berpuasa jika sakit. Puasa bisa mengalirkan kembali energi yang terpendam, lebih kreatif dan lebih merasa hidup. Masalah penyalahgunaan diet, pola makan westernisasi di negara dunia ketiga, telah menumbuhkan berbagai macam penyakit degeneratif seperti atherosklerosis, hipertensi, penyakit jantung, alergi, diabetes dan kanker.


4. Menajamkan fungsi indrawi.



5. Hidup lebih baik
Karena dengan puasa tidak hanya tubuh kita yang menjadi lebih sehat tapi juga hati kita Insya Allah menjadi lebih bersih, sehingga kehidupan kita menjadi lebih baik dari sebelumnya.



6. Lebih Mampu Mengendalikan Seks.
Dengan melakukan puasa, Insya Allah hawa nafsu kita terhadap seks dapat lebih terkendali.


7. Membersihkan Badan


8. Berpuasa Dapat Mengistirahatkan Sistem Pencernaan Kita
Mungkin selama kita hidup di dunia ini, hanya puasalah yang dapat membuat istirahat secara fisiologis pada sistem saluran pencernaan kita, perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayuran untuk membantu proses ini.


9.  Merasa lebih baik secara fisik dan mental.


10. Memperlambat Proses Penuaan
Penuaan adalah suatu proses menghilangnya secara perlahan-lahan kemampuan jaringan untuk memperbaiki diri dan mempertahankan struktur dan fungsi normalnya sehingga tridak dapat memperbaiki kekurangan yang diderita. Dengan berpuasa, Insya Allah dapat memperlambat penuaan diri kita.


Demikian artikel yang bisa Espilen Blog sampaikan mengenai manfaat puasa ini. Mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafannya. Semoga memberikan faedah.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah 10 Manfaat Berpuasa