Tuesday, June 25, 2013

15 Fakta Unik Sepakbola Indonesia

15 Fakta Unik Sepakbola Indonesia - Berbicara soal persepakbolaan tanah air saat ini, memang cukup menyedihkan dan PSSI pun sedang memasuki tahap revolusi setelah kembali bersatu atas terjadinya dualisme selama beberapa waktu. Namun terlepas dari semua itu, banyak fakta menarik yang bisa kita simak seputar olahraga terpopuler di negeri ini. Dan berikut inilah 15 Fakta Unik Sepakbola Indonesia versi Espilen Blog.


Fakta Unik Sepakbola Indonesia


1. Indonesia merupakan negara pertama di Asia yang berhasil tembus ke Piala Dunia, tepatnya pada tahun 1930 yang ketika itu Indonesia masih bernama Hindia Belanda.

2. Kapten Timnas Indonesia, Andik Vermansyah pernah diincar oleh klub-klub Eropa, diantaranya FC Porto, dan FC Novarra.

3. Setelah berakhirnya Piala AFF pada tahun 2010 lalu, Oktovianus Maniani masuk dalam pemain muda potensial Asia versi ESPN.

4. Indonesia sudah 4 kali masuk final Piala AFF, dan keempat-empatnya tersebut berakhir dengan gelar runner-up.

5. Cristian Gonzales merupakan pemain pertama yang dinaturalisasi untuk menjadi pemain Timnas Merah Putih.

6. Beberapa tahun yang lalu, klub asal Papua, Persipura Jayapura pernah mengalahkan ranking klub Liga Inggris, Everton di kategori klub terbaik dunia versi IFFHS.

7. Johny Heitinga, pemain Timnas Belanda sekaligus klub Everton mengakui mempunyai darah Indonesia dari Ayahnya.

8. Kemenangan terbesar Timnas Indonesia atas Malaysia adalah 5-1 yang ketika itu Indonesia menjadi tuan rumah babak penyisihan Piala AFF 2010.

9.  Bila Jepang memiliki Tsubasa, Indonesia mempunyai Si Madun.

10. Kieth Kayamba Gumbs merupakan pemain tertua di ISL musim 2012/2013 dengan usia menginjak 41 tahun.

11. Ranking FIFA Timnas Indonesia per 6 Juni 2013 merosot hingga peringkat 170 dunia dan merupakan posisi terendah yang pernah dialami Timnas Garuda.

12. Suporter Indonesia termasuk dalam 10 Suporter Terbesar & Terfanatik di Dunia di posisi 3. Franz Beckenbauer mengatakan bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai supporter terloyal. Dan hal itu dibuktikan dengan tingginya angka rata-rata kepadatan stadion di Indonesia yang bisa mencapai 96%.

13. Rony Pasla merupakan kiper Indonesia yang pernah menahan tendangan penalti pemain legendaris dunia, yaitu Pele disaat Brasil melaksanakan tur ke Asia tahun 1972.

14. Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) termasuk dalam 10 stadion terbaik di Asia dan 10 terbesar dunia.

15. Sepakbola mulai berkembang di Indonesia pada akhir tahun 1920-an dan awalnya dikenal dengan istilah voetbal dari Bahasa Belanda.


Demikian ulasan yang bisa Espilen Blog sampaikan mengenai fakta unik sepakbola ini. Mohon maaf atas segala kekurangannya. Semoga memberikan manfaat. 


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 15 Fakta Unik Sepakbola Indonesia