Tuesday, January 15, 2013

Negara Mesir


You’ll Never Walk Alone (BackPacker) – Artikel pertama dari benua Afrika Saya akan memposting tentang Mesir. Mengapa? Karena Mesir adalah Negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia. Republik Arab Mesir atau lebih dikenal sebagai Mesir adalah sebuah negara yang sebagian besar wilayahnya terletak diAfrika bagian timur laut. Mesir juga digolongkan negara maju di Afrika.

Dengan luas wilayah sekitar 997.739 km² Mesir mencakup Semenanjung Sinai (dianggap sebagai bagian dari Asia Barat Daya), sedangkan sebagian besar wilayahnya terletak di Afrika Utara. Mesir berbatasan dengan Libya di sebelah barat, Sudan di selatan, jalur Gaza dan Israel di utara-timur. Perbatasannya dengan perairan ialah melalui Laut Tengah di utara dan Laut Merah di timur.

Mayoritas penduduk Mesir menetap di pinggir Sungai Nil (sekitar 40.000 km²). Sebagian besar daratan merupakan bagian dari gurun Sahara yang jarang dihuni.Mayoritas penduduk negara Mesir adalah Islam.

Mesir terkenal dengan peradaban kuno dan beberapa monumen kuno termegah di dunia, misalnya Piramid Giza, Kuil Karnak dan Lembah Rajaserta Kuil Ramses. Di Luxor, sebuah kota di wilayah selatan, terdapat kira-kira artefak kuno yang mencakup sekitar 65% artefak kuno di seluruh dunia. Kini, Mesir diakui secara luas sebagai pusat budaya dan politikal utama di wilayah Arab dan Timur Tengah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Negara Mesir