Tuesday, January 15, 2013

Negara Brasil


You’ll Never Walk Alone (BackPacker) - Republik Federal Brasil atau lebih dikenal Brasil (bahasa Portugis: República Federativa do Brasil) adalah negara terbesar dan paling banyak penduduknya di Amerika Selatan. Negara ini merupakan negara paling timur di Benua Amerika dan berbatasan dengan Pegunungan Andes dan Samudra Atlantik. Nama Brasil diambil dari nama kayu brasil, sejenis kayu lokal. Brasil merupakan tempat pertanian ekstensif dan hutan hujan tropis. Sebagai bekas koloniPortugal, bahasa resmi Brasil adalah bahasa Portugis. Selain itu, Brasil juga sebagai penghasil kopi terbesar di dunia. Dan Brasil adalah negara yang telah berhasil menguasai persepakbolaan dunia dengan torehan 5 trofi Piala Dunia.

Brasil dibatasi oleh laut di sebelah timur yaitu Samudra Atlantik. Negara-negara yang berbatasan darat dengan Brasil adalah UruguayArgentina,ParaguayBoliviaPeruKolombiaVenezuelaGuyanaSuriname dan département Guyana Perancis; seluruh negara di Amerika Selatan kecualiEkuador dan Chili.

Di bagian utara Brasil terdapat Hutan Amazon dan semakin terbuka ke arah selatan dengan bukit-bukit dan gunung kecil. Daerah selatan merupakan pusat populasi dan agrikultur Brasil. Beberapa pegunungan terletak di pesisir Samudra Atlantik yang mencapai 2.900 meter dengan puncak tertinggi Pico da Neblina setinggi 2.994 m. Sungai-sungai yang terdapat di Brasil antara lain Sungai AmazonParaná, dan Iguaçu di mana terdapat Air Terjun Iguaçu.

Badai Siklon Catarina, badai siklon tropis pertama di Samudera Atlantik bagian selatan, terjadi pada 2004. Iklim Brasil adalah tropis karena terletak di khatulistiwa dengan sedikit variasi. Di selatan, iklimnya lebih sedang, namun kadang mengalami salju. Curah hujan sangat tinggi di daerah Amazon sedangkan daerah yang lebih kering bisa ditemukan di daerah timur laut.

Kota-kota penting di Brasil antara lain BrasíliaSão Paulo dan Rio de Janeiro. Sebagian besar wilayah Brasil berupa dataran tinggi, dan pegunungan. Dataran tinggi paling luas adalahdataran tinggi Brasil (dibagian timur). Di sebelah timur terdapat pegunungan Brasil. Dibagian tengah terdapat dataran tinggi Mato Grosso dan bagian selatan terdapat dataran tinggi Panama.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Negara Brasil