8 Manfaat Internet Lengkap

8 Manfaat Internet Lengkap - Kini hampir semua orang di dunia ini mengenal internet. Seperti yang telah dibahas pada artikel pengertian internet dan intranet, menilik dari katanya Internet berasal dari kata International dan Network. Jadi, internet itu sendiri adalah jaringan komputer yang bersifat internasional atau mendunia. Pastinya sangat banyak manfaat yang bisa kita raup dari internet dalam berbagai bidang, baik itu dalam bidang pendidikan atau pelajar, maupun manfaat secara umum namun tidak banyak orang yang tahu begitu luar biasanya manfat dari internet.

Kini, gudang ilmu bukan hanya buku, melainkan juga internet. Dan patut kita resapi, internet tidak hanya sebagai sarana mendapatkan pengetahuan, tetapi juga sesuatu yang dapat mengubah hidup kita. Untuk lebih jelasnya, berikut ini Espilen Blog akan membeberkan dan menganalisis 8 Manfaat dari Internet yang luar biasa.

Manfaat Internet Secara Umum

Manfaat Internet


1. Menambah Wawasan & Pengetahuan
Sudah barang pasti, internet adalah gudang ilmu dan merupakan tempat untuk menambah wawasan penggunanya. Jika diibaratkan, internet ialah jendela ilmu kedua setelah buku. Seharusnya penggunaan internet ini menjadi perhatian bagi pemerintah, karena masih banyak daerah yang tidak bisa mengakses internet


2. Sebagai Sarana Hiburan
Selain untuk menambah ilmu, internet juga berfungsi sebagai sarana untuk hiburan. Contohnya, kita dapat bermain game dan menonton video lucu. Khusus untuk main game, janganlah berlebihan. Baik dalam segi jenis game yang dimainkan maupun durasi waktu mainnya. Karena game yang bersifat buruk dan dimainkan dalam durasi yang terlalu lama dapat menggangu konsentrasi serta kesehatan kita.


3. Memudahkan Silaturahmi
Bagi Anda yang sudah lama tidak bertemu kawan lama, sanak saudara ataupun sekadar ingin lebih dekat dengan orang yang Anda kenal. Tak perlu khawatir, semua bisa dilakukan di internet. Berbagai social media seperti Twitter, Facebook, Email, Facebook, Skype dan lain sebagainya bisa Anda manfaat kan untuk bersilaturahmi dengan orang-orang yang Anda kenal ataupun tidak.


4. Dapat Mencari Info Sesuai Keinginan
Tidak seperti media lainnya misalnya TV, koran, dan yang lainnya. Internet bisa menyajikan informasi yang kita inginkan, mengapa? Karena kita bisa mencari informasi yang dituju sesuai kehendak kita dengan mengetikkan kata kunci di mesin pencari, khususnya Google. Namun tidak semua informasi yang dituju ada, tergantung tersedia atau tidaknya postingan yang disediakan oleh penulis online.


5. Sebagai Sarana Dakwah & Tempat Saling Bertukar Ilmu
Kini berdakwak ataupun membagikan ilmu tidak hanya bisa di dunia nyata, di dunia maya pun bisa. Beberapa jejaring social bisa kita gunakan untuk menebar kebaikan terlebih lagi untuk berdakwah. Salah satu Ustadz yang cukup aktif di dunia online untuk berceramah adalah Ustadz Felix Siauw, bagi Anda yang ingin membaca tulisa dakwah beliau di Facaebook, Anda bisa mencarinya sendiri.


6. Menghasilkan Uang
Mungkin banyak orang yang tidak menyadari bahwa dengan internet pun kita bisa menghasilkan uang. Dan tentunya dengan usaha, tak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak orang yang stress karena masalah ekonomi, tapi ada orang yang sukses karena bisnis online. Beberapa bisnis online yang bisa Anda jalani, contohnya membuka toko online, jasa penulis, program periklanan lewat web, dan masih banyak lagi.


7. Sebagai Sumber tambahan Pelajaran Yang belum di mengerti di Sekolah
Tak selamanya murid selalu mengerti apa yang disampaikan oleh gurunya dan itu pun sering sekali terjadi bahkan itu sering menimpa penulis pribadi, oleh karena itu sering-seringlah mencari informasi bahan pelajaran di Internet agar mengerti apa yang di ajarkan Pak/Bu Guru di Sekolah tadi.


8. Dapat Mengubah Hidup
Ini adalah bagia pembahasan secara lebih mendetail. Mengapa dapat mengubah hidup? Ilmu yang kita tekuni yang kita cari di internet tentunya memiliki persepsi makna yang berbede-beda tergantung tema ilmu yang dibahas. Apabila kita mendapatkan ilmu yang berkaitan dengan agama dan bila itu benar-benar menggugah serta menggerakan hati, pasti kita akan melakukan perubaha untuk menjadi insan yang lebih baik lagi.


Demikian banyak manfaat internet untuk kehidupan manusia, karenanya ada internet makin cepat pertumbuhan-pertumbuhan di berbagai bidang, baik itu di bidang bisnis, pendidikan, sampai kesehatan. Tinggal bagaimana kita dapat memaksimalkan manfaat dari internet. Semakin kreatif kita memanfaatkannya makin mudah kita meraih apa yang diinginkan.