Monday, January 20, 2014

11 Jenis-jenis Dinosaurus

Jenis-jenis Dinosaurus - Dinosaurus adalah sebuah hewan purba yang hidup pada ratusan juta tahun yang lalu, sebelum adanya kehidupan manusia. Pembaca sekalian pastinya sudah tahu bahwa hewan dinosaurus sudah punah, dan hanya dapat kita ketahui melalui buku-buku sejarah, film, penelitian ahli, dan lain sebagainya.

Nh, untuk menambah pengetahuan kita seputar hewan yang sangat besar dan buas ini. Pada kesempatan kali ini Espilen Blog akan membagikan informasi mengenai jenis-jenis dinosaurus yang patut Anda ketahui, seperti jenis dinosaurus pemakan karnivora, dinosarus air, dan masih banyak lagi. Sesuai judul postingan diatas, berikut ini adalah daftar jenis dinosaurus terbesar dunia.


1. Ultrasaurus

Ultrasauros

Ia adalah Kim Haang Mook, yang menggunakan nama Ultrasaurus dalam sebuah publikasi tahun 1983 untuk menjelaskan apa yang dia yakini adalah dinosaurus raksasa di Korea Selatan. Dalam dekripsinya menyatakan dinosaurus ini memiliki panjang tubuh 30 meter dengan berat mencapai 80 ton.


2. Argentinosaurus huinculensis
Argentinosaurus huinculensis, jenis dinosaurus ini digambarkan dan diterbitkan oleh seorang palaentolog asal Argentina, yaitu Jose F. Bonaparte dan Rodolfo Coria pada tahun pada tahun 1993. Sebuah rekontruksi awal oleh Gregory S. paulus di perkirakan dinosaurus ini memiliki panjang tubuh 35-40 meter (98-111 kaki) dengan berat mencapai 80-100 ton.


3. Brachiosaurus
Brachiosaurus merupakan jenis dari dinosaurus sauropod dari Formasi Morrison Jurassic Amerika Utara. Ini pertama kali dijelaskan oleh Elmer S. Riggs pada tahun 1903 dari fosil yang ditemukan di Grand River Canyon (sekarang Sungai Colorado) dari barat Colorado, di Amerika Serikat. Seperti semua dinosaurus sauropoda, Brachiosaurus adalah hewan berkaki empat dengan tengkorak kecil, leher panjang, batang besar dengan penampang tinggi elipsoid,ekor panjang, berotot dan ramping. Di perkirakan ukuran tubuh Brachiosaurus memiliki panjang 26 meter dengan berat mencapai 70-80 ton.


4. Seismosaurus Hallorum
Merupakan genus dinosaurus sauropod diplodocid fosilnya yang pertama kali ditemukan pada tahun 1877 oleh SW Williston. Dinosaurus Ini tinggal di tempat yang sekarang barat Amerika Utara pada akhir Periode Jurassic. Diplodocus adalah salah satu dinosaurus yang paling mudah diidentifikasi, dengan bentuk dinosaurus klasik, leher panjang dan ekor dan empat kaki kokoh. Selama bertahun-tahun,itu adalah dinosaurus terpanjang yang dikenal orang. Dinosaurus ini memiliki panjang tubuh mencapai 37 meter dengan berat 30-80 ton.


5. Amargasaurus
Dinosaurus yang diperkirakan hidup sekitar 130 – 125 juta tahun yang lalu, Si Argentina ini memiliki keunikan tersendiri pada tubuhnya. Sesuai hasil rekonstruksi fosilnya, dinosaurus ini memiliki 2 baris duri di sepanjang leher hingga punggungnya..


6. Bruhathkayosaurus Matleyi
Bruhathkayosaurus ditemukan dekat ujung selatan India, khususnya di distrik Tiruchirappallidari Tamil Nadu, ke timur laut desa Kallamedu. Bruhathkayosaurus dapat tumbuh mencapai panjang 40 meter dengan berat tubuh mencapai 175-225 ton.


7. Andesaurus Delgadoi
Andesaurus delgadoi adalah genus dinosaurus sauropoda titanosaurian basal yang ada selama pertengahan Periode Cretaceous di Amerika Selatan. Seperti kebanyakan sauropoda, itu akan memiliki kepala kecil di ujung leher panjang dan ekor yang sama panjang. Andesaurus adalah sauropoda yang sangat besar, seperti juga banyak sauropoda lain, yang termasuk hewan terbesar yang pernah berjalan Bumi. Andesaurus memiliki panjang tubuh 40 meter dan berat sekitar 70 ton


8. Argyrosaurus

Jenis spesies, Argyrosaurus Superbus, secara resmi digambarkan oleh Richard Lydekker pada tahun 1893. Nama genus berarti 'kadal perak' dari argyros Yunani. Spesies ini dapat tumbuh mencapai 20-40 meter.


9. Predator X
Predator X nama sementara untuk predator laut prasejarah, yang diperkirakan para ilmuwan termasuk familia Pliosaurus. Hewan ini diklaim oleh para peneliti sebagai “binatang yang paling mengerikan yang pernah berenang di lautan.” Makhluk ini panjangnya 15 m, dan berbobot 45 ton, dan memiliki gigi sepanjang 30 cm.

Rahang makhluk ini mungkin mampu mengerahkan kekuatan lebih besar daripada milik Tyrannosaurus Rex. Meskipun begitu perkiraan kekuatan rahang makhluk ini berbeda-beda, dengan satu sumber berita menyatakan gigitannya 10 kali lebih kuat daripada hewan modern mana pun, dan empat kali lebih kuat daripada seekor Tyrannosaurus.


10. Giraffatitan brancai
Giraffatitan adalah sauropoda, salah satu dari kelompok dinosaurus yang memiliki kaki empat, pemakan tumbuhan dengan leher panjang dan ekor dan otak relatif kecil. Dinosaurus ini memiliki panjang tubuh mencapai 23-30 meter.


11. Diplodocus
Beberapa spesies Diplodocus digambarkan antara tahun 1878 dan 1924. Kerangka pertama dinosaurus ini ditemukan di Canon City, Colorado, Amerika Serikat oleh Benjamin Mudge dan Samuel Wendell Willistonpada tahun 1877, dan diberi nama Diplodocus longus ('panjang-ganda berkas'), oleh ahli paleontologi Otniel Charles Marsh pada tahun 1878. Dinosaurus ini memiliki panjang tubuh mencapai 28 meter.

Sangat banyak bukan jenis dinosaurus yang ada di dunia ini? Demikian informasi yang bisa Espilen Blog mengenai Jenis-jenis Dinosaurus. Semoga bermanfaat.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 11 Jenis-jenis Dinosaurus