Friday, March 29, 2013

Profil Jokowi

Profil Jokowi

Profil Jokowi Lengkap - Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi adalah seorang Gubernur DKI Jakarta yang menjabat sejak tanggal 15 Oktober 2012 lalu. Jokowi lahir di Surakarta, 21 Juni 1961. Ia merupakan gubernur ke-17 yang memimpin ibu kota Indonesia. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai Wali Kota Solo selama dua periode, yakni pada 2005-2010 dan 2010-2015.

Joko Widodo lahir dari pasangan Noto Mihardjo dan Sujiatmi Notomiharjo. Dengan kesulitan hidup yang dialami, ia terpaksa berdagang, mengojek payung, dan jadi kuli panggul untuk mencari sendiri keperluan sekolah dan uang jajan. Saat anak-anak lain ke sekolah dengan sepeda, ia memilih untuk tetap berjalan kaki. Mewarisi keahlian bertukang kayu dari ayahnya, ia mulai pekerjaan menggergaji di umur 12 tahun. Penggusuran yang dialaminya sebanyak tiga kali di masa kecil mempengaruhi cara berpikirnya dan kepemimpinannya kelak setelah menjadi Walikota Surakarta saat harus menertibkan pemukiman warga.

Prestasi Jokowi
Setelah diatas membahas profil Jokowi berikut ini adalah prestasinya. Ia pernah meraih penghargaan sebagai wali kota terbaik ketiga dunia dalam pemilihan World Mayor Project 2012. Pemilihan tersebut diselenggarakan oleh The City Mayors Foundation yayasan walikota dunia yang berbasis di Inggris (baca juga: Jokowi Raih Penghargaan Walikota Terbaik Ketiga Dunia).

Atas prestasinya sebagai seorang pemimpin daerah, oleh Majalah Tempo, Joko Widodo terpilih menjadi salah satu dari "10 Tokoh 2008". Kebetulan di majalah yang sama pula, Basuki Tjahaja Purnama, atau akrab dengan panggilan Ahok pernah terpilih pula dalam "10 Tokoh 2006" atas jasanya memperbaiki layanan kesehatan dan pendidikan di Belitung Timur. Ahok kemudian akan menjadi pendampingnya di Pilgub DKI Jakarta tahun 2012.

Pada tanggal 12 Agustus 2011, ia juga mendapat penghargaan Bintang Jasa Utama untuk prestasinya sebagai kepala daerah mengabdikan diri kepada rakyat. Bintang Jasa Utama ini adalah penghargaan tertinggi yang diberikan kepada warga negara sipil.

Itulah Profil Jokowi yang dapat disampaikan. Mohon maaf bila banyak terdapat kekurangan. Semoga artikel ini memberikan manfaat.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Profil Jokowi