Sunday, March 17, 2013

Iran Luncurkan Kera ke Luar Angkasa


You'll Never Walk Alone - Tak lama lagi penelitian antariksa dan eksplorasi luar angkasa tak lagi menjadi dominasi Amerika Serikat melalui NASA-nya. Terbukti dengan diluncurkannya ekspedisi pertama lembaga antariksa milik Iran ke luar angkasa belum lama ini.

Tak tanggung-tanggung, percobaan ini melibatkan seekor kera yang menjadi obyek uji coba. Jadi, seekor kera diletakkan pada kursi khusus (seperti tampak pada foto) dan diterbangkan dengan pesawat luar angkasa setinggi 120 kilometer.

Seperti dilansir Republika Online, Menteri Pertahanan Republik Islam Iran Brigadir Jenderal Ahmad Vahidi mengatakan, Iran juga akan mengirim satelit Tolou (Sunrise) ke ruang angkasa dari sebuah pusat peluncuran satelit baru.


"Tahap akhir pembangunan pusat peluncuran tersebut sedang berlangsung," ujar Vahidi seperti dikutip laman Irib dari Republika Online.

Pemerintah Iran secara resmi mengumumkan keberhasilan misi membawa kera ke luar angkasa tersebut pada tanggal 29 Januari yang lalu, dan tidak sabar ingin segera meluncurkan pesawat berikutnya yang tentu saja akan diawaki oleh manusia.


Iran merupakan salah satu dari 24 anggota pendiri Komite PBB tentang Penggunaan Antariksa secara damai yang didirikan pada 1959.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Iran Luncurkan Kera ke Luar Angkasa