Friday, June 13, 2014

Jadwal Puasa Ramadhan 2014 1435H

Jadwal Puasa Ramadhan 2014 - Bulan Puasa adalah bulan yang sangat dinantikan oleh seluruh muslimin di dunia. Bulan puasa Ramadhan kerap memberikan pengalaman yang berharga bagi kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi, dengan puasa hati dan pikiran menjadi lebih tenang. Bulan Ramadhan selalu penuh dengan kebahagiaan, baik dari sisi pikiran maupun hati. Suasana kebersamaan yang begitu hangat tentunya jarang terjadi di bulan lain, kecuali di bulan Ramadhan yang penuh dengan kemuliaan ini. Di tahun 2014, bulan Ramadhan jatuh pada 1 Ramadhan 1435H.


Untuk jadwal puasa Ramadhan di 2014 ini sesuai yang tersedia di berbagai kalender jatuh pada tanggal 28 Juni 2014. Namun hal itu belum tentu, karena bisa saja jadwal tersebut berubah tergantung keputusan dari Menteri Agama. Tiap tahun memang terkadang jadwal puasa yang berada di kalender bisa berbeda dengan keputusan akhir dari Menteri Agama, selain itu keputusan dari organisasi Islam yang ada di Indonesia, yakni Muhamadiyah dan Nadhlatul Ulama sering berbeda terkait kapan jatuhnya hari pertama bulan puasa Ramadhan, hal ini juga terjadi di tahun 2013 lalu, dimana Muhamadiyah melaksanakan puasa lebih cepat daripada keputusan pemerintah.

Untuk menentukan kapan hari pertama bulan puasa jatuh, ormasi Islam seperti Nadhlatul Ulama dan pemerintah atau Menteri Agama memakai metode Rukyatul Hilal Bil Fi'li yang ditentukan dalam sidang isbat yang memang sudah menjadi tradisi setiap tahunnya. Sedangkan, ormas Islam Muhammadiyah memakai metode Wujudul Hilal dan biasanya telah ditentukan terlebih dahulu mengenai kapan awal dari puasa Ramadhan 1435H.

Jadwal Puasa Ramadhan oleh Muhammadiyah :
Awal puasa jatuh pada tanggal 28 Juni 2014

Jadwal Puasa Ramadhan oleh Pemerintah :
Menunggu hasil dari sidang isbat pada 27-28 Juni 2014

Jadwal Puasa

Pelaksanaan bulan puasa di Indonesia selalu penuh dengan antusias dan kebahagiaan. Mengingat, negara kita adalah negara yang mayoritas beragama Islam. Berbagai cara unik melaksanakan puasa Ramadhan dilakukan oleh masyarakat, seperti kegiatan ngabuburit untuk menunggu datangnya waktu berbuka puasa. Lalu, ada juga yang mengadakan puasa bersama supaya suasana yang tercipta lebih khidmat. Dan setelah Isya, melaksanakan Sholat Tarawih di Masjid beramai-ramai. Setelah itu melakukan tradisi pukul bedug secara bergantian agar suasana juga makin meriah.

Puasa adalah kegiatan menahan diri melawan hawa nafsu yang biasa menyerang diri kita. Menahan makan dan minum dilakukan sejak dimulainya waktu Imsakiyah dan berbunyinya adzan Maghrib. Di saat berbuka, makanan ciri khas masyarakat Indonesia adalah mengonsumsi kolak, yakni makanan yang terbuat dari pisang dengan ditambah santan dan dilengkapi dengan berbagai bahan lainnya, seperti tape. Itulah memang keunikan dan ciri khas bulan Ramadhan yang tak bisa kita rasakan di bulan lainnya.

Selain memberikan informasi Jadwal Puasa Ramadhan 2014 1435H. Espilen Blog juga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa, mohon maaf jika selama ini Espilen Blog mempunyai banyak kekurangan ataupun tulisan yang kurang berkenan di hati. Selalu optimis dan menyertakan semangat yang kuat lalu disertai bismillah, semoga kelimpahan berkah dan rezeki menyertai admin, blog ini, dan pembaca sekalian. Aamiin.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jadwal Puasa Ramadhan 2014 1435H