Monday, June 9, 2014

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah

Contoh Pidato Perpisahan - Sekolah adalah masa dimana kita menuntut ilmu untuk menjadi manusia yang pintar yang nantinya agar bisa menjadi pribadi yang sukses dan berguna bagi diri sendiri, orang lain, dan bangsa Indonesia. Dalam setiap pertemuan selalu ada perpisahan, seperti halnya sekolah. Jika kita telah 6 tahun di SD, maka sudah saatnya kita meninggalkan masa tersebut dan menjalani perpisahan dengan teman-teman, lalu melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi, yakni SMP. Dan setelah mengeyam pendidikan di SMP selama 3 tahun pun kita harus sudah melaksanakan perpisahan lagi dengan melanjutkan pendidikan ke tingkat SMK/SMA.

Dalam kegiatan perpisahan sekolah, biasanya terdapat pidato dari kepala sekolah atau guru yang disampaikan langsung kepada muridnya yang akan segera lulus tersebut. Pidato perpisahan juga kerap menjadikan salah satu wakil muridnya untuk pidato di depan para murid dan guru. Ya, perpisahan sekolah merupakan kegiatan yang penuh dengan kenangan, karena disaat perpisahan itulah diri kita sudah tidak berada satu sekolah lagi dengan banyak teman sekolah yang selama ini menuntut ilmu bersama, terlebih lagi jika perpisahan SMK/SMA, bukan hanya berpisah dengan teman tetapi juga masa terakhir di bangku sekolah. Dan berikut ini merupakan contoh pidato perpisahan yang bisa Anda gunakan untuk pidato di sekolah.


Contoh Pidato Perpisahan

Contoh Pidato Perpisahan


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Ibu Kepala Sekolah yang terhormat,
Bapak dan Ibu Guru yang saya hormati,
Orang Tua dan Wali Murid yang saya hormati,
Serta kawan-kawan dan adik-adik kelas sepuluh dan sebelas yang saya cintai.

Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena berkat limpahan rahmat dan karuni-Nya pada saat ini kita masih diizinkan untuk berkumpul menghadiri acara perpisahan siswa kelas dua belas di tempat ini. Semoga sholawat dan salam kita panjatkan kepada junjungan Nabi kita, Muhammad SAW.

Hadirin yang berbahagia, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Kepala Sekolah, Bapak-bapak dan Ibu-ibu Guru, orang tua wali murid, serta rekan-rekan dan adik-adik kelas yang telah memenuhi undangan kami, sekaligus dukungan dan bantuan sehingga acara perpisahan kelas dua belas ini dapat berlangsung dengan baik.

Bapak-bapak dan Ibu-ibu Guru yang saya hormati, izinkanlah saya menyampaikan sebuah pidato disini atas nama siswa kelas dua belas pada acara yang sangat berbahagia ini.

Tidak terasa waktu terus berlalu, saya dan teman-teman telah menempuh pendidikan di sekolah ini 3 tahun lamanya. Banyak kisah suka dan duka yang kami alami di sekolah tercinta ini, kami rasa itu semua adalah bagian dari replika kehidupan kami untuk saat ini dan selamanya. Bersekolah disini adalah kenangan terindah bagi kami, disini kami diajarkan bagaimana menjadi manusia yang hebat, bukan hanya hebat dalam urusan akademik saja, tetapi juga akhlak dan perilakunya.

Banyak kawan-kawan yang sebelumnya mempunyai sikap yang buruk atau bisa dikatakan nakal. Namun setelah bersekolah disini, dengan penuh perhatian dan penuh ketegasan serta kasih sayang dari para guru, akhirnya kawan-kawan saya mulai menemukan jalan yang benar, dan tidak menjadi pemuda yang nakal lagi. Kesan saya sendiri selama bersekolah disini pastinya sangatlah senang, menurut saya sekolah ini berpotensi menjadi sekolah yang lebih hebat lagi, dan mampu melahirkan para lulusan yang yang cerdas dan berkarakter mulia.

Karena saya tahu visi dari sekolah ini adalah, menjadikan setiap murid mempunyai wawasan pengetahuan yang luas dengan disertai kecerdasan moral yang tinggi. Dan visi itupun bukan hanya sebatas ideologi saja, namun mampu diwujudkan secara nyata oleh pihak sekolah. Dan kami pun merasa sangat beruntung bisa bersekolah disini, mengapa? Karena sekolah ini mampu menerapkan sistem pendidikan yang bagus dan berbeda dibanding sekolah lainnya.

Kami sadar selama bersekolah disini, banyak kesalahan yang pernah kami perbuat kepada bapak atau ibu guru sekalian. Maafkan kami jika selama ini sering tidak mengerjakan tugas sekolah, membuang sampah tidak pada tempatnya, tidak nurut atas perintah bapak dan ibu guru. Kami mohon maaf yang setulus-tulusnya, dan kami juga mengucapkan terima kasih banyak atas jasa bapak dan ibu guru sekalian yang membimbing kami dengan penuh kesabaran agar kami menjadi murid yang cerdas dan berkarakter mulia.

Dan untuk adik-adik kelasku, tetaplah bersemangat belajar disini. Jadikan kelulusan kami ini sebagai motivasi bagi kalian untuk mencapai prestasi yang lebih baik. Namun saya ingatkan, nilai yang tinggi itu bagus, tetap alangkah lebih bagus dan hebat lagi jika dibarengi dengan karakter yang baik sebagap pelajar.

Untuk kepala sekolah, bapak dan ibur guru, beserta semua yang hadir, demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan pada acara perpisahan ini. Apabila dalam penyampaian pidato ini terdapat kesalahan dan kekurangan yang menyinggung Bapak-bapak dan Ibu-ibu sekalian, saya mohon maaf. Terima kasih.

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Sekolah pastinya masa yang akan selalu diingat oleh siapapun, oleh karena itu perayaan perpisahan merupakan momen yang tepat untuk lebih dekat dengan para guru dan teman-teman sekolah. Silahkan pergunakan Contoh Pidato perpisahan ini di sekolahmu.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Pidato Perpisahan Sekolah