Saturday, November 9, 2013

Ucapan, Sejarah, Makna Hari Pahlawan

Hari Pahlawan selalu kita peringati setiap tanggal 10 November. Hari Pahlawan diadakan pada 10 November karena, pada tanggal itulah banyak pahlawan Indonesia berguguran, tepatnya di Surabaya sehingga diterbitkanlah bahwa pada tanggal itu dijadikan sebagai Hari Pahlawan. Pertempuran Surabaya adalah peristiwa sejarah perang antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Belanda. Peristiwa besar ini terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Hari Pahlawan
 
Sesudah terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby, penggantinya, Mayor Jenderal Robert Mansergh mengeluarkan ultimatum yang menyebutkan bahwa semua pimpinan dan orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya di tempat yang ditentukan dan menyerahkan diri dengan mengangkat tangan di atas. Batas ultimatum adalah jam 6.00 pagi tanggal 10 November 1945.

Ultimatum tersebut kemudian dianggap sebagai penghinaan bagi para pejuang dan rakyat yang telah membentuk banyak badan-badan perjuangan / milisi. Ultimatum tersebut ditolak oleh pihak Indonesia dengan alasan bahwa Republik Indonesia waktu itu sudah berdiri, dan Tentara Keamanan Rakyat TKR juga telah dibentuk sebagai pasukan negara. Selain itu, banyak organisasi perjuangan bersenjata yang telah dibentuk masyarakat, termasuk di kalangan pemuda, mahasiswa dan pelajar yang menentang masuknya kembali pemerintahan Belanda yang memboncengi kehadiran tentara Inggris di Indonesia.

Pada 10 November pagi, tentara Inggris mulai melancarkan serangan berskala besar, yang diawali dengan pengeboman udara ke gedung-gedung pemerintahan Surabaya, dan kemudian mengerahkan sekitar 30.000 infanteri, sejumlah pesawat terbang, tank, dan kapal perang.

Inggris kemudian membombardir kota Surabaya dengan meriam dari laut dan darat. Perlawanan pasukan dan milisi Indonesia kemudian berkobar di seluruh kota, dengan bantuan yang aktif dari penduduk. Terlibatnya penduduk dalam pertempuran ini mengakibatkan ribuan penduduk sipil jatuh menjadi korban dalam serangan tersebut, baik meninggal maupun terluka.

Di luar dugaan pihak Inggris yang menduga bahwa perlawanan di Surabaya bisa ditaklukkan dalam tempo tiga hari, para tokoh masyarakat seperti pelopor muda Bung Tomo yang berpengaruh besar di masyarakat terus menggerakkan semangat perlawanan pemuda-pemuda Surabaya sehingga perlawanan terus berlanjut di tengah serangan skala besar Inggris.

Perlawanan rakyat yang pada awalnya dilakukan secara spontan dan tidak terkoordinasi, makin hari makin teratur. Pertempuran skala besar ini mencapai waktu sampai tiga minggu, sebelum seluruh kota Surabaya akhirnya jatuh di tangan pihak Inggris.

Setidaknya 6,000 - 16,000 pejuang dari pihak Indonesia tewas dan 200,000 rakyat sipil mengungsi dari Surabaya. Korban dari pasukan Inggris dan India kira-kira sejumlah 600 - 2000 tentara. Pertempuran berdarah di Surabaya yang memakan ribuan korban jiwa tersebut telah menggerakkan perlawanan rakyat di seluruh Indonesia untuk mengusir penjajah dan mempertahankan kemerdekaan. Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat sipil yang menjadi korban pada hari 10 November ini kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan oleh Republik Indonesia sampai sekarang sekarang. (Wikipedia)


Makna Hari Pahlawan


Makna Hari Pahlawan

Kita sebagai pemuda tentunya wajib meneruskan perjuangan para pahlawan bangsa, bagaimana seperti kita ketahui pahlawan telah berjuang demi membebaskan bangsa Indonesia dari belenggu penjajahan. Kita dapat merasakan bagaimana pahlawan sangat berjasa untuk negara ini. Pahlawan telah mengorbankan harta dan bahka nyawa mereka. Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya telah menjadi bukti bahwa mereka berjuang atas nama nasionalisme, pahlawan tidak mengenal lelah dan pantang takut siapapun lawannya.

Tugas kita sebagai seorang pemuda adalah melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan berbagai macam cara yang positif. Misalnya, selalu mengikuti pelaksanaan upacara di sekolah dengan tertib, jika Anda bercanda sama saja Anda merendahkan perjuangan para pahlawan Indonesia. Lalu, belajar denga tekun agar suatu hari nanti kita bisa memberikan sesuatu yang berguna untuk bangsa Indonesia.

Perjuangan para pahlawan untuk mengusir penjajah, untuk membangun bangsa Indonesia adalah mutiara yang takkan pernah hilang makna dan sejarahnya. Kita sekarang nyenyak disini tak lepas dari perjuangan pahlawan, seandainya ketika itu tidak ada perjuangan mereka, mungkin kita tidak akan bisa menikmati sebuah kemerdekaan.

Kita juga patut berasadar diri, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan nya, bergitu kata Bung Karno. Jadi, kesimpulan dari makna Hari Pahlawan ini adalah sehebat apapun bangsa Indonesia, tidak akan berarti dan tak dapat dikatakn sebagai bangsa yang besar apabila tidak menghargai jasa para pahlawan nya.

Ucapan Selamat Hari Pahlawan

Untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November 2013 ini, berikut ini Espilen Blog bagikan kumpulan ucapan selamat hari pahlawan khusus bagi Anda yang memiliki jiwa nasionalisme.

Hari Pahlawan

Baca juga : Kata Kata Soekarno

"Kita adalah bangsa yang besar, tak perlu takut lawan siapapun. Ingat, semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua."

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya. Selamat hari pahlawan!"

"Tuhan menciptakan bangsa untuk maju melawan kebohongan elit atas, hanya bangsanya sendiri yang mampu merubah nasib negerinya sendiri." -Ir. Soekarno.

"Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripada makan bestik tapi budak. Selamat hari pahlawan."

 "Janganlah mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segi tiga warna. Selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk pekerjaan kita selesai! Berjuanglah terus dengan mengucurkan sebanyak-banyak keringat. Selamat hari pahlawan."

Itulah sedikit informasi mengenai Ucapan, Sejarah, Makna Hari Pahlawan.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ucapan, Sejarah, Makna Hari Pahlawan