Wednesday, December 9, 2015

Arti Istilah-istilah Dalam Sepakbola Lengkap

Advertisement

Arti Istilah-istilah Dalam Sepakbola - Sepakbola merupakan olahraga paling populer sejagat raya, hal ini bisa dilihat dengan banyaknya fans maupun penggemar klub sepakbola dan juga tim nasional sepakbola dimana-mana termasuk di negara kita. Banyak orang yang sangat menyukai sepakbola, namun tidak sedikit juga yang belum paham atau mengerti dengan istilah-istilah yang terdapat di dunia sepakbola. Mungkin Anda sendiri pernah bertanya-tanya apa itu overlapping, heading, offside, dan lain-lain. Nah, Insya Allah semua istilah sepakbola tersebut secara lengkap akan terjawab di artikel Espilen Blog kali ini.

Sepakbola


1. Pressing
Pressing adalah suatu cara yang dilakukan oleh pemain atau sebuah tim untuk menekan penguasaan bola dari lawan. Dalam artian tidak memberikan celah sedikitpun bagi lawan untuk menyerang daerah pertahanan kita.


2. Offside
Mungkin Anda sudah tahu apa itu offside. Offside merupakan pelanggaran yang dilakukan oleh sebuah tim yang salah satu atau banyak pemainnya berada di belakang garis pertahanan lawan, dalam wujud pelanggarannya seorang linesman akan mengangkat bendera offside apabila terjadi offside.


3. Juggling

Ini merupakan sebutan untuk proses mengangkat bola dengan kaki, sama hal nya dengan takraw, bola dalam juggling dimainkan di kaki oleh satu atau banyak orang dengan mengangkat bola berkali-kali.


4. Free Kick

Yaitu sebutan untuk tendangan bebas. Tendangan bebas terjadi jika seorang pemain dilanggar oleh lawannya di luar kotak penalti.


5. Fair Play

Fair play merupakan peraturan yang diberlakukan oleh FIFA (Federasi Sepakbola Dunia) dalam rangka menciptakan permainan yang adil dalam se-pakbola. Slogannya adalah "My Game is Fair Play", yang biasanya sering kita lihta jika pertandingan resmi akan segera dimulai.


6. Heading

Heading adalah sebutan untuk meyundul bola. Salah satu pesepakbola yang mempunyai kemam-puan mumpuni dalam menyundul bola adalah pemain asal Portugal, Cristiano Ronaldo.


7. Passing

Merupakan proses memberikan atau mengum-pan bola ke-pada teman se-tim. Passing terdiri atas, long pass, back pass, short pass. Salah satu -pese-pakbola yang memiliki kemam-puan luar biasa dalam mengumpan bola adalah Steven Gerrard.


8. Dribbling

Yaitu proses menggiring atau membawa bola dengan kaki. Salah satu -pemain yang mempunyai skill hebat dalam men-dribbling bola adalah Lionel Messi. Saking hebatnya, Messi -pernah mencetak gol dengan melakukan dribbling hingga melewati 5 pemain, dan gol tersebut miri-p dengan apa yang pernah dilakukan oleh Diego Maradona.


9. Overlapping

Adalah seorang pemain berpindah posisi untuk membantu timnya dalam menyerang pertahanan lawan.


10. Crossing

Ialah memberikan umpan silang kepada teman se-tim untuk mencetak gol ke gawang lawan.


11. Blunder

Istilah bagi pemain yang melakukan kesalahan, seperti kiper yang gagal dalam menangkap bola dengan sempurna sehingga mengakibatkan gawangnya kebobolan.


12. Kickoff

Adalah Awal atau dimulainya sebuah pertandingan


13. Hattrick

Adalah Pemain yang mencetak 3 gol dalam satu pertandingan


14. Quattrick

Adalah Pemain yang mencetak 4 gol dalam 1 laga/pertandingan


15. Capolista

Yaitu sebutan untuk tim yang memuncaki klasemen Liga Italia


16. Assist

Adalah Pemain yang telah berjasa memberikan umpan kepada kawan setimnya sehingga berbuah gol.


17. Agregat

Jumlah skor setelah bertanding antar kandang dan tandang, misalnya pada leg-1 Chelsea menang 1-0 atas Barcelona. Dan padaa leg ke-2 Chelsea kalah 3-0, berarti agregat dari pertandingan tersebut adalah 1-3 untuk kemenangan Barca.


Demikianlah artikel yang bisa Espilen Blog sampaikan mengenai Arti Istilah-istilah Dalam Sepakbola. Semoga dapat membantu Anda menemukan definisi atau pengertian dari berbagai istilah yang ada di dunia sepakbola secara tepat.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Arti Istilah-istilah Dalam Sepakbola Lengkap