Friday, July 11, 2014

100 Fakta Unik di Dunia Terbaru

100 Fakta Unik di Dunia - Fakta menunjukkan bahwa dunia ini penuh dengan keanekaragaman dan berbagai keunikan. Berbagai fakta yang menarik pun dapat kita temui. Keunikan tersebut dipengaruhi oleh banyak hal seperti budaya atau adat-istiadat yang berbeda pada setiap sudut di dunia ini. Mungkin banyak orang yang mencari informasi fakta unik dari seluruh dunia, karena memang sangat menyukai beragam hal unik di dunia ini. Ilmu memang tidak akan pernah habis, dalam daftar 100 fakta unik dibawah ini pun hanya sebuah semut diantara ilmu yang tiada batasnya. Memang benar, dengan ilmu kita bisa menaklukkan dunia. 

Sebuah fakta akan terasa sangat menarik jika kita belum pernah mengalami atau melihat secara nyata fakta tersebut, terlebih lagi jika fakta tersebut sangat aneh dan di luar nalar manusia. Namun terlepas dari hal tersebut, berikut ini adalah kumpulan fakta unik dan menarik yang Espilen Blog rangkum dalam 100 Fakta Unik di Dunia Terbaru.


Baca juga : 197 Fakta Unik dan Aneh


Fakta Unik

100 Fakta Unik di Dunia

1. Negara Indonesia berada di posisi ke-4 sebagai Negara Terindah di Dunia versi situs First Choice.

2. Di Italia, dalam aturannya minuman Cappuccino hanya boleh di minum sebelum waktu siang.

3. AS, Australia, Finlandia, Jerman dan Kanada adl negara maju tanpa UN. Tahukah anda sekolah trbaik di dunia ada di Finlandia walau tanpa UN.

4. "Jengkol is very nice" komentar Pierre Bouvier vokalis Simple Plan.

5. Tiap satu kali jari kita mengklik mouse komputer, ada 1,42 kalori yang terbakar dalam tubuh. (Penelitian, Convert Anything to Calories).

6. Di Jepang kuno, prajurit diolesi minyak kodok pada tubuh mereka dengan keyakinan bahwa hal itu akan membuat tubuh mereka antirobek.

7. Di Jepang, ketiduran saat bekerja (inemuri) dapat ditolerir, karena dipandang sebagai kelelahan yang muncul akibat bekerja terlalu keras.

8. Gergaji mekanik awalnya diciptakan sebagai alat kedokteran untuk membantu melahirkan bayi.

9. Jangan sering mengatakan kata "root" di Australia dan Selandia Baru. Di sana, kata "root" berarti mengajak untuk melakukan hubungan seks.

10. Jamur merang Laetiporus dikenal sebagai julukan "ayam hutan" karena konon rasanya mirip seperti daging ayam goreng.

11. Kaki katak merupakan hidangan istimewa di eropa. Tahukah Anda: sekitar 80% impor katak Eropa berasal dari Indonesia.

12. Jika Anda mengetik "do the harlem shake" di search bar YouTube, layar akan melakukan Harlem Shake!. [Google Chrome]

13. Melihat melalui lubang kecil akan segera meningkatkan penglihatan Anda sementara.

14. YouTube menyebutkan rata-rata ada 4000 video baru Harlem Shake yang diunggah setiap hari. [Yahoo!]

15. Semut memiliki kuburan sendiri. Tapi tahukah anda: Gurita memiliki kebun dan suka berkebun. (wikipedia)

16. Coklat mengandung Theobromine, molekul organik yang dapat membantu menguatkan enamel gigi. (Penelitian dari Tulane University).

17. Wanita 2 kali lebih banyak menggunakan emoticon dalam pesan teks dibandingkan pria. (Penelitian di Rice University)

18. Biarpun Buzz Aldrin adalah orang kedua yang menginjak di bulan tetapi ia adalah orang pertama yang membuang kotoran di ruang angkasa.

19. Fakta unik berikutnya adalah, Psikolog mengatakan bahwa mengirim dan menerima pesan teks benar-benar dapat meningkatkan mood Anda ketika Anda merasa kesepian. (Telegraph)

 20. Thailand merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah.

 21. Musik memiliki kemampuan untuk memperbaiki kerusakan otak serta mengembalikan kenangan yang hilang. (cracked .com)

 22. Perasaan kesepian memicu respon yang sama di otak sebagai rasa sakit fisik. (BBCnews)

 23. Di Cape Town, Afrika Selatan, remaja laki-laki yang memiliki gigi ompong dianggap tampan / maskulin.

 24. Semakin pahit cokelat (tinggi zat theobromine), semakin tinggi manfaatnya. Rajin mengkonsumsi 1bar cokelat/hari dapat menyembuhkan batuk kronis.

 25. Kata "Mouse" (tikus) berasal dari turunan Bahasa Sansekerta "Mus" yang berarti "pencuri".

 26. Tidur Siang (Power Nap) trbukti menambah tinggi badan, dikrnkan saat kita tidur siang hormon pertumbuhan (Growth Hormone) lbh aktif bekerja.

 27. Bilangan prima terbesar di dunia saat ini panjangnya 17 juta digit angka, cukup banyak untuk mengisi 28 lembar halaman pada buku novel.

 28. Menurut sebuah studi, minum teh hijau setelah makan ikan membantu menghalangi zat Mercury yang terkandung dalam ikan memasuki aliran darah.
29. Memperpanjang usia handphone hingga 4 tahun dapat mengurangi dampak lingkungan sampai 40 persen. [Hasil studi di Swiss]

30. Duduk bersama dgn teman-teman / keluarga utk makan bersama, dpt meningkatkan kebahagiaan & membantu meringankan depresi. [ehealthnewsdaily]

 31. Abibliophobia adalah fobia atau ketakutan terhadap kehabisan bahan bacaan.

 32. Pada abad pertengahan di Eropa, garam sangat mahal harganya, sehingga disebut sebagai "emas putih".

 33. Mengunyah permen karet dapat meningkatkan kemampuan berpikir cepat dan kewaspadaan hingga 10 persen. [Jurnal Brain and Cognition]

 34. Wanita yang sedang stres selama kehamilannya cenderung melahirkan anak-anak yang pemarah. [Institute of Psychiatry, King College London]

 35. Disarankan supaya membeli sepatu pada sore hari. Sebab, setelah seharian berjalan, di sore hari kaki akan membesar 5-8 persen.

 36. Musik memiliki kemampuan untuk memperbaiki kerusakan otak serta mengembalikan kenangan yang hilang. [cracked .com]

 37. Menurut penelitian baru, usia harapan hidup anak band rata-rata lebih tinggi dibandingkan musisi yang memilih solo karir. (detikHealth)

38. Pulau Dewata Bali merupakan 1 dari 10 pulau paling romantis di dunia. [majalah Travel+Leisure]

39. Universitas di Jepang selalu melakukan upacara peringatan bagi hewan (contoh: tikus) yang mati dalam pengujian laboratorium. [web.archive .org]

40. Berkedip memberikan otak Anda istirahat sebentar. [para ilmuan di Japan’s Osaka University]

 41. Wanita yang bahagia dalam sebuah pernikahan akan mengalami berat badan naik setengah pound (0,22 kg) setiap 6 bulan. [DailyMail]

42. Rasa cemburu berlebihan bisa digolongkan penyakit jiwa, krna dpt mendorong ssorg utk bunuh diri / menghabisi nyawa org lain. [riset]

 43. Mengkonsumsi buah tomat beberapa kali dlm kurun waktu seminggu dpt mengatasi perasaan depresi. [peneliti di Tianjin Medical Univ., Cina]

44. Perasaan kesepian memicu respon yang sama di otak sebagai rasa sakit fisik. [BBCnews]

45. Di Cape Town, Afrika Selatan, remaja laki-laki yang memiliki gigi ompong dianggap tampan / maskulin. 

46. Memeluk orang yg disayangi dpt membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi stres dan 
kecemasan, bahkn dpt meningkatkan memori. [Dailymail]

47. Kata "Mouse" (tikus) berasal dari turunan Bahasa Sansekerta "Mus" yang berarti "pencuri". 48. Berjalan kaki atau bersepeda ke sekolah mempertajam konsentrasi siswa di kelas dan tetap bertahan sekitar 4 jam kemudian. [Medical Daily]

49. Menurut riset pasar global Euromonitor International, pria Korea adalah pria yang paling suka bersolek dari pria lain di dunia.

50. Rata-rata orang akan merasa 100 persen sehat / fit hanya 61 hari dalam setahun. (Penelitian di Inggris)

51. Polydactyl Cat adalah jenis kucing yang memiliki jempol di kaki mereka.

52. Hanya dengan mengurangi brightness dari televisi, anda mampu berhemat lebih dari Rp 1,5 juta setahun. [kompas]

53. Di Jerman, tahanan yg ingin meloloskan diri dr penjara adl bukan mrupakn perbuatan ilegal. Krn itu salah1 naluri dasar manusia untuk kebebasan.

54. Wanita merasa diri mereka terlihat paling jelek dan terlihat lebih tua pada hari Rabu pukul 15.30 . [studi baru dari St Tropez]Expand 55. Orang yang rutin bermain video game ternyata memiliki penalaran yang baik dibanding kebanyakan orang. (detikHealth)

56. Nama "Gorila" berasal dari kata Yunani "Gorillai" yang berarti "perempuan berbulu".

57. IBM mengatakan bahwa dalam kurun waktu 5 tahun ke depan, komputer bakal mirip manusia yang bisa melihat, mendengar, mencium dan merasakan.

58. Selama abad ke-13, kata "nice" sebenarnya berarti “stupid”, "senseless" dan “foolish".

59. 49% dari pemilik Smartphone adalah jomblo. (Survei, "2012 Online User Behavior and Engagement Study")

Fakta Unik

 60. Gazzarella adalah keju mozzarella yang terbuat dari susu kucing. 61. Rata-rata orang melihat / mengecek ponselnya sekitar 150 kali sehari. (Laporan Nokia pada MindTrek 2010)

61. Lalat dapat menyalurkan sekitar 300 bakteri setiap kali hinggap di benda.

62. Tertawa dapat meningkatkan aktivitas antibodi sekitar 20%, juga membantu untuk menghancurkan virus dan sel-sel tumor.

63. Fobia matematika (mathematics anxiety) memicu respon yang sama di otak sbg rasa sakit fisik. Gejalanya yaitu melihat angka saja sudah nyeri.

64. Karakter kartun Bugs Bunny diberi pangkat kehormatan sersan-mayor di Korps Marinir AS pada akhir Perang Dunia II. (wikipedia)

65. Apel yang ditaruh di ruang terbuka akan matang 10 kali lebih cepat dibandingkan dengan apel yang ditaruh di kulkas.

66. Ungkapan 'Smitten' adalah untuk menyebut 'naksir' dalam bahasa Inggris.

67. Menurut etiket internasional, sebuah jabat tangan yang tepat dan baik harus berlangsung selama sekitar 3 detik & dilepaskan setelah goyang.

68. Ketika kita sedang jatuh cinta, otak akan memproduksi dopamin ekstra, bahan kimia yang membuat seseorang menjadi gembira berlebihan.

69. "Mwahahaha" dan "lolz" telah ditambahkan ke Kamus Inggris Oxford.

70. Menurut penelitian, pria cenderung menurunkan volume suaranya ketika ia berbicara dg seseorang yg ia cintai, sementara perempuan sebaliknya.

71. Di Perancis, jajanan Arum Manis (Rambut Nenek) disebut "Barbe รก Papa" yang berarti "Jenggot Ayah".

72. Menurut penelitian, PR terlalu banyak sebenarnya dapat menyebabkan siswa menjadi stres, depresi & mendapat nilai lebih rendah.

73. Hangry adalah penggabungan kata dari "Hungry" dan "Angry", di pakai ketika anda sedang lapar dan marah.

74. Kentut dari bakteri membuat keju swiss memiliki lubang-lubang.

75. Mendengarkan musik benar-benar dapat mengurangi rasa sakit kronis hingga 20% dan membantu meringankan depresi hingga 25%. (sciencedaily)

76. Orang yang merasa kesepian memiliki kemungkinan mengalami kepikunan 70-80% lebih tinggi. (Journal of Neurosurgery Neurologi and Psychiatry)

77. Melamun dpt memendekkan telomere (bagian paling ujung sel DNA) yang berperan dlm menjaga kestabilan sel, dimana dapat mempercepat proses penuaan.

78. Ruangan yang didominasi warna biru cocok digunakan untuk kegiatan brainstorming dan dapat memproduksi ide-ide kreatif lebih banyak.

79. Menurut riset, kita cenderung lebih kasar sama orang yg kita kenal & paling cinta. Ini bisa jadi krna kita menghabiskan byk waktu dg mereka.

80. Menurut penelitian mengatakan bahwa memejamkan mata saat memikirkan sesuatu akan lebih mudah mengingat.

81. Fobia matematika (mathematics anxiety) memicu respon yang sama di otak sbg rasa sakit fisik. Gejalanya yaitu melihat angka saja sudah nyeri.

82. Menguap adalah mekanisme alami untuk mendinginkan suhu otak, mencegah 'overheating'.

83. Menggosok gigi dengan menggunakan stroberi campur baking soda dapat memutihkan dan mengkilapkan gigi secara alami (maksimal 1 bulan hanya sekali).

84. Seekor semut pekerja rata-rata tidur sebanyak 250 kali setiap hari! Sekali tidur hanya berlangsung sekitar satu menit lebih.

85. Orang yang durasi tidurnya lebih dari 9 jam sehari bisa berisiko derita penyakit jantung dan pembuluh darah.

86. Asia merupakan benua dengan jumlah orang terkaya terbanyak di dunia. [Survei dari wealth magazine]

87. Pelukan membuat Anda lebih setia, krn saat berpelukan akan mengeluarkan hormon Oksitosin. Hormon ini membuat Anda merasa dekat 1 sama lain.

88. Tahukah Anda, kebiasaan meminum Susu sapi pertama ditemukan 10 ribu tahun lalu di Afghanistan.

89. Ketika kita bersin, udara yang keluar dari hidung dan mulut bergerak dengan kecepatan sekitar 160 km/jam, setara dengan angin topan.

90. Orang kidal lebih mudah ketakutan dan trauma daripada orang yang menggunakan tangan kanan.

91. Kebiasaan mendengkur dalam jangka panjang dapat membuat seseorang menjadi mudah lupa dan sulit berkonsentrasi.

92. Pensil pertama kali diciptakan pada tahun 1565 di Inggris, tetapi baru seabad kemudian diproduksi secara massal di Jerman.

93. Untuk wanita hamil dengan menghabiskan waktu di ruang hijau selama kehamilan dapat membantu menghasilkan anak yg cerdas dan sehat.

94. Berhenti merokok sebelum usia 40 tahun, ternyata dapat merasakan panjang umur seperti orang-orang yang tidak penah merokok.

95. Pernah dengar 'Belum 5 detik' kalau ada makanan jatuh? Ternyata orang asing juga menyebut 'Five-Second Rule'.

96. Mimpi buruk muncul karena badan sudah terlalu lelah dan memerlukan ketenangan.

97. Sebuah toko roti di Beverly Hills memiliki mesin ATM yang bisa mengeluarkan Cupcake.

98. Pikiran manusia rata-rata dapat memelihara hubungan sosial sampai dengan 150 orang.

99. Waktu ideal untuk meminum kopi adalah pukul 14.16. Karena di waktu tsb merupakan waktu umum dimana telah terjadi penurunan energi. (FoodRepublic)


100. Dulu sungai Ciliwung memiliki air yang terbaik dan terbersih di dunia. (Menurut Jean-Baptiste Tavernier, sebagaimana dikutip Van Gorkom)

Sekian artikel yang bisa Espilen Blog sampaikan mengenai Fakta Unik di dunia ini. Bagaimana, sangat banyak bukan segala fakta yang unik yang ada di dunia ini. Diatas hanyalah secuil dari sekian banyaknya keunikan dari seluruh dunia. Semoga bermanfaat.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 100 Fakta Unik di Dunia Terbaru