Tuesday, March 26, 2013

Ini Penyebab Terputusnya Jaringan Smartfren


Ini Penyebab Terputusnya Jaringan Smartfren - Jaringan internet Smartfren kali ini tengah menjadi perbincangan orang banyak terkait jaringannya yang bermasalah. Penyebab gangguan tersebut ternyata adalah karena terputusnya kabel bawah laut yang terkena jangkar kapal di antara Bangka-Batam.

Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Tifatul Sembiring mengaku sudah menanyakan problem tersebut kepada pihak Smartfren. Putusnya jaringan Sumatra tersebut membuat internet pada Smartfren hanya dapat diakses dengan kapasitas 60 persen.

"15/3 (15 Maret 2013): Jaringan utama internet Smartfren submarine putus antara Bangka-Batam, kena jangkar kapal. Internet dapat hanya 60 persen," tulis Tifatul melalui akun Twitter-nya bernama @tifsembiring, Selasa (26/3) seperti dikutip dari Republika Online.

Jaringan internet tersebut sulit dibackup dengan jaringan dari darat (inland) pada 16 Maret 2013. Hal ini karena jaringan inland di Palembang putus terkena tanah longsor. "Internet dapat dilayani dengan jalur proteksi kapasitas 30 persen, " ujarnya.

Dan menurut Chief Technology Officer Smartfren, Merza Fachys seperti dikutip dari detikinet, "Internet lokal tidak ada masalah. Yang sulit adalah mengakses website luar."

Seperti dilansir oleh detikinet, pihak Smartfren pun mengaku telah menggunakan jaringan pihak ketiga untuk mengatasi masalah ini. Sayangnya, jaringan tersebut pun dari pihak ketiga itu terputus juga.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ini Penyebab Terputusnya Jaringan Smartfren