Tuesday, July 8, 2014

Cara Ampuh Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Cara Menurunkan Tekanan Darah - Manusia memang tak bisa lepas dari yang namanya sakit, karena datangnya sakit tak dapat kita duga, salah satunya adalah tekanan darah tinggi, sebuah penyakit yang dimana tensi darah dalam tubuh manusia sanga tinggi alias melebihi batas wajar, penyakit tekanan darah tinggi biasa disebut juga dengan hipertensi. Menurut informasi yang Espilen Blog peroleh, 7 dari 10 orang dewasa beresiko terkena penyakit stroke atau serangan jantung yang diakibatkan oleh tekanan darah terlalu tinggi.

Tekanan darah tinggi bisa kita hindari dengan gaya hidup yang normal, serius namun tetap santai, artinya tidak terlalu serius menjalani hidup sehar-hari dan berilah ruang bagi otak Anda untuk mendapatkan hiburan sehingga tidak jenuh. Selain itu, jangan juga terlalu memikirkan sesuatu secara berlebihan sehingga menimbulkan stress. Dan cara menurunkan tekanan darah cukup banyak, adapaun berbagai metode untuk menurunkan tekanan darah tinggi dibawah ini Espilen Blog bagikan.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


1. Kurangi Mengonsumsi Garam
Hal ini perlu dilakukan mengingat gara dapat volume tekanan darah pada arteri manusia. Jadi, hindarilah makanan yang didalamnya terkandung garam yang sangat banyak seperti makanan cepat saji atau makanan instan, dan juga makanan olahan.

2. Rutin Olahraga
Siapapun pastinya tahu bahwa olahraga adalah cara yang sangat ampuh untuk menyehatkan badan dan menangkal tubuh dari beragam penyakit yang bisa menyerang kapan saja. Cukup jogging saja secara rutin mampu memberikan banyak khasiat bagi tubuh, seperti meningkatkan penyerapan oksigen dan juga mampu menurunkan tekanan darah karena dengan berolahraga dapat menguatkan jantung Anda.

3. Jangan Merokok
Merokok selain berbahaya untuk kesehatan jantung dan paru-paru, juga sangat tidak baik untuk tekanan darah manusia. Karena nikotin yang terkandung di dalam rokok dapat merangsang tubuh manusia untuk memproduksi adrenalin. Adrenalin tersebutlah yang membuat jantung manusia berdetak lebih cepat sehingga menimbulkan tekanan darah yang tinggi.

4. Mengonsumsi Buah Yang Kaya Akan Serat
Buah-buahan banyak mengandung vitamin yang berguna bagi kesehatan tubuh, seperti untuk mencegah sariawan, mencegah panas dalam, dan lain-lain. Buah seperti jeruk, pisang, dan apel adalah buah-buahan yang direkomendasikan untuk mengatasi tekanan darah tinggi karena mengandung banyak serat.

5. Rutin Konsumsi Pisang
Pisang selain enak dikonsumsi, tetapi juga mampu mengatas beragam penyakit, salah satunya ialah menurunkan atau mengobati tekanan darah tinggi karena pisang sendiri di dalamnya terkandung kalium yang merupakan mineral penting dalam mengontrol keseimbangan cairan yang ada dalam tubuh manusia.


Baca juga : Gejala Kanker Otak

6. Jauh Stress
Stress bisa menyebabkan tekanan darah padan manusia mengalami kenaikan. Maka dari itu, menghindari stress adalah cara yang efektif untuk mejauhi Anda dari penyakit hipertensi ini. Dengan melakukan latihan pernapasan dan rutin minum air putih, Insya Allah stress dapat segera hilang dan terhindar dari tekanan darah tinggi.

7. Konsumsi Yoghurt
Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuwan, bahwa yoghurt dapat membuat pembuluh darah manusia menjadi lebih lentur karena yoghurt mengandung banyak kalsium yang juga berguna untuk memperlancari sirkulasi darah pada tubuh manusia.

Sebelum mengakhiri artikel ini, mungkin info Makanan Berkalori Tinggi bisa Anda baca. Dari tujuh langkah dalam Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi tersebut bisa Anda jalani dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kedisiplinan untuk hasil maksimal, selain mengatasinya, Anda juga perlu mencegah beragam hal yang menyebabkan diri Anda terkena penyakit tekanan darah tinggi.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Ampuh Menurunkan Tekanan Darah Tinggi