Thursday, May 8, 2014

Pengertian & Contoh Surat Dinas Lengkap

Pengertian & Contoh Surat Dinas - Sebelum membahas contohnya, tahukah Anda apa itu surat dinas? Ya, pengertian dari Surat dinas adalah surat yang bersifat resmi yang kegunaannya adalah untuk menyampaikan informasi tentang kedinasan, surat jenis ini dibuat oleh pejabat dalam sebuah organisasi atau instansi pemerintah. Oleh sebab itu, surat dinas dibuat oleh seseorang yang memiliki kedudukan sebagai pejabat suatu instansi, dan pemerintah oleh karena itu juga surat dinas biasa disebut surat jabatan. Jadi, kita tak boleh sembarangan dalam membuat nya, diperlukan kehati-hatian.
 
Surat dinas memiliki berbagai jenis, yaitu surat permohonan, pemberitahuan, keterangan, dan memo. Selain itu juga memiliki beberapa tipe, seperti surat dinas Osis, sekolah, undangan, dan perusahaan. Perlu Anda ketahui, sebetulnya membuat sebuah surat dinas tidaklah sulit, kita hanya perlu membiasakan diri saja untuk membuat nya dan tentunya harus mengerti bagaimana format pembuatan surat dinas yang baik dan benar. Langsung saja, berikut adalah contoh nya yang berhasil Espilen Blog rangkum.

Contoh Surat Dinas

Contoh Surat Dinas

Di setiap kota manapun di Indonesia pastinya terdapat dinas yang yang berguna untuk mengurus pembangunan daerah. Dalam hal kali ini, dinas yang paling disorot adalah Dinas Pendidikan karena berhubungan dengan tema yang dibahas. Untuk itu, jika Anda masih sekolah tentunya sudah terbiasa mendapatkan sebuah surat dari sekolah yang awalnya berasal dari Dinas Pendidikan daerah untuk memberitahukan suatu informasi, misalnya terkait pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS), ataupun penetapan hari libur sekolah.


DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 BOGOR

Jln. Paledang No. 25, Bogor 16128

Bogor



Nomor            : 325 /OSIS/14

Lampiran         : Satu lembar

Hal                  : Undangan



Yth. Prof. Cecep Misbahudin

Jl. Veteran Raya No. 29

Jembatan Merah, Bogor



Dengan hormat,


Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kelestarian lingkungan, khususnya daerah pantai, kami akan mengadakan kegiatan peduli lingkungan dengan menanam pohon bakau (mangrove). Sehubungan dengan itu, kami mengundang Bapak untuk hadir dan memberikan sambutan pada acara tersebut yang akan dilaksanakan pada :



Hari, Tanggal   : Sabtu, 8 Mei 2014

Waktu             : Pukul 08.00 s.d. 12.00 WIB

Tempat            : Aula SMP Negeri 7 Bogor



Atas perhatian dan partisipasi Bapak, kami ucapkan terima kasih.



                                                                                                             Bogor, 5 Mei 2014 


                                                                                      Ketua OSIS


                                                    Amalia Fauhanisa






Tembusan:

- Kepala SMP Negeri 7 Bogor

- Wakasek Kesiswaan SMP Negeri 7 Bogor

Bagaimana, mudah tidak membuat salah satu jenis surat resmi diatas? Mungkin kita hanya perlu memahami kaidahnya saja dan terbiasa membuatnya agar lebih mengerti mengenai ini. Itulah Contoh Surat Dinas dengan format yang benar. Semoga contoh diatas dapat membantu Anda membuat sebuah surat dinas secara baik ataupun untuk menyelesaikan tugas sekolah.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian & Contoh Surat Dinas Lengkap