Wednesday, August 15, 2012

Tips Menambah Tinggi Badan


Buat yang usianya di atas 23 tahun, jangan berharap bahwa tinggi badan anda bisa bertambah lagi. Kemungkinan itu sangat kecil. Biasanya pertumbuhan tinggi badan berakhir pada usia 18-23 tahun. Tergantung bermacam-macam faktor. Tinggi badan dipengaruhi oleh banyak faktor. Bisa dari faktor keturunan, makanan, olahraga, dan sebagainya. Orang yang punya orang tua tinggi, besar kemungkinan dia juga akan tinggi. Sebaliknya jika orang tuanya pendek/kuntet, kemungkinan dia juga pendek.
Faktor makanan juga berpengaruh. Makanlah makanan 4 sehat 5 sempurna dengan karbohidrat (nasi, kentang, dsb), lauk (daging, tahu, dsb), sayur, buah-buahan ditambah dengan susu minimal segelas setiap hari. Susu banyak mengandung kalsium yang bermanfaat bagi pembentukan tulang. Jika kita lihat, bayi/balita yang mengkonsumsi susu pertumbuhan tinggi badannya begitu cepat. Jika anda bisa minum susu di waktu pagi dan malam lebih baik lagi.
Usahakan makan 3 kali sehari dengan takaran yang cukup. Jangan terlalu sedikit sebab pertumbuhan tinggi bisa jadi terhambat. Jangan pula terlalu banyak yang menyebabkan anda jadi gendut dan susah bergerak.
Sebetulnya makanan ayam broiler/fried chicken juga dapat menambah tinggi badan anda karena banyak mengandung hormon. Namun efek sampingnya seperti puber dini dsb kurang baik bagi kita. Lebih baik lagi jika kita minum madu 2 sendok makan di pagi dan malam hari agar sehat.
Olahraga juga dapat merangsang pertumbuhan anak. Sebaiknya hindari olahraga seperti angkat besi atau memakai beban berat pada saat anak-anak agar pertumbuhan tinggi badan tidak terhambat. Kalau pun terpaksa pakai beban, hindarilah barbell yang berat. Sebaliknya pakai satu dumbell yang ringan yang diangkat oleh satu tangan secara bergantian.
Sebagai gantinya agar otot tetap kuat, lakukan olahraga tanpa beban seperti push up, chin up (gelantungan), squat jump atau squat tanpa beban dengan satu kaki dibengkokkan secara bergantian, dan sebagainya.
Olahraga chin up di mana badan bergelantungan dengan tangan atau pun bergelantungan dengan kaki juga baik untuk menambah tinggi badan. Lakukan sebanyak 5 set di mana setiap setnya 10 x. Lakukan itu 3 kali seminggu. Olahraga seperti lari pagi dengan kaki berjinjit, bola basket, lompat dengan skipping atau pun berenang bisa menambah tinggi badan. Apalagi jika dilakukan saat jam 6-7 pagi di mana matahari bersinar lembut. Coba olahraga di atas 30-60 menit dan lakukan 3-5 kali seminggu.
Stretching/peregangan saat bangun tidur atau pun sebelum olahraga bisa membantu pertumbuhan tinggi badan. Menendang pun bisa memanjangkan kaki. Lakukan 5 set sebanyak 10 x repetisi dengan kaki kanan dan kiri secara bergantian. Sebaiknya anda mandi saat matahari bersinar mulai dari jam 6 pagi hingga jam 5 sore. Hindari mandi malam yang bisa mengakibatkan rematik dan membuat pertumbuhan tinggi anda berhenti lebih awal. Tidurlah minimal 8 jam sehari. Tidur yang cukup memungkinkan tubuh anda untuk memproduksi hormon pertumbuhan secara optimal. Hindarilah stress.
Tapi yang enak sih punya tinggi badan yang sedang-sedang saja. Jika pun tinggi, tidak berlebihan. Kalau terlalu tinggi seperti foto di atas juga tidak nyaman kan?
Kalau pun tubuh anda pendek, tetaplah berbahagia. Karena banyak juga orang besar dan sukses yang berbadan pendek seperti Napoleon Bonaparte, BJ Habibie, dan Ucok Baba….


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Menambah Tinggi Badan