Tuesday, August 21, 2012

Kekayaan Alam yang Hanya Ada di Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dan memiliki kekayaan alam tiada bandingnya. Di dalam luasnya alam Indonesia, banyak keunikan tersembunyi dan jarang di ketahui oleh kita, warga Indonesia sendiri. Padahal, keunikan ini adalah salah satu hal yang bisa membuat kita semakin bangga dan cinta Indonesia karena tidak akan kita temukan di tempa

t lain di luar Indonesia.

1.IKAN PURBA
Indonesia adalah negara kepulauan yang dikelilingi oleh lautan. Penghuni lautan begitu banyak jenisnya dan belum terungkap seluruhnya. Namun, pada tanggal 19 Mei 2007 telah ditemukan ikan Raja Laut, jenis ikan purba yang dikenal dengan sebutan Coelacanth ( Coelacanth latemaria ), di dekat pantai Malalayang, Manado, Sulut. ini merupakan penemuan kedua setelah penemuan pertama terjadi pada 1998 di Pantai Manado tua. Ikan sepanjang sekitar 130 cm, lebar 46 cm dengan bobot sekitar 50 kg, telah dianggap punah sejak 65 tahun silam.

Coelacanth pertama kali muncul sekitar 400 juta tahun silam dalam bentuk fosil. Setelah sekitar 70 juta tahun lalu, ikan ini dianggap tidak ditemukan lagi, sehingga para ahli menduga ikan itu telah punah. Ikan purba ini panjangnya bisa mencapai 2 m dengan berat 100 kg. Ikan ini tidak bertelur, tapi melahirkan anak. Para ilmuwan menduga ikan ini sanggup hidup sampai 100 tahun.

2. ULAR TERPANJANG
Sanca kembang atau lebih dikenal dengan nama Piton adalah sejenis ular tak berbisa yang berukuran besar. Ukuran terbesarnya dipercaya dapat melebihi 10 m, lebih panjang dari Anaconda ( Eunectes ). Nama - nama lain dari Sanca kembang adalah Ular Sanca, Ular sawah, Sawah-n-etem ( Simeulue ) atau ular petola ( Ambon ). Ular Python reticulates sepanjang 10 m dapat ditemukan di Sulawesi dan menjadikannya ular terpanjang di Indonesia.

3. IKAN TERKECIL
Salah satu ikan terkecil di Indonesia ditemukan di rawa - rawa berlumpur Sumatera. Panjangnya sekitar 7,9 mm ketika dewasa atau kurang lebih sebesar nyamuk. Tubuh ikan ini transparan dan tidak mempunyai tulang kepala. Jadi kemungkinan menemukannya akan sulit.

4. REPTIL TERTUA
Dinosaurus merupakan binatang purba yang sudah lama punah. Hanya beberapa binatang purba saja yang masih hidup di Indonesia. Salah satunya Komodo yang hidup di pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Komodo ini adalah kadal yang paling besar di Indonesia, bahkan di dunia. Panjangnya dipercaya dapat mencapai 3 m dan beratnya 90 kg.

5. PRIMATA TERKECIL
Ada banyak jenis primata di Indonesia dengan berbagai ukuran. Primata terkecil di Indonesia adalah Tarsius Pygmy, sangat berbeda dengan primata lainnya. Ukuran tubuhnya sangat kecil dengan berat hanya 50 g. Mata dan telinga Tarsius besar dan menjadi ciri khasnya. Tarsius juga memiliki keunikan lain, yaitu kemampuannya untuk melakukan putaran kepala hingga 180 derajat.

6. BURUNG TERLANGKA
Sulawesi sangat kaya akan keanekaragaman flora dan fauna. Satu fauna yang dimiliki Sulawesi adalah Maleo Senkawor atau Maleo, Macrocephalon maleo, sejenis burung gosong berukuran sedang. Panjangnya sekitar 55 cm. Maleo senkawor merupakan satu - satunya burung di dalam genus tunggal Macrocephalon. Burung Maleo sangat unik. Saat baru menetas, anak burung maleo sudah bisa terbang. Ukuran telur burung Maleo beratnya 240 g hingga 270 g, ukuran rata - rata 11 cm atau sekitar 5 - 8 kali ukuran telur ayam. Burung Maleo hanya bisa ditemukan di dataran rendah Sulawesi. mereka bersarang di daerah pasir yang terbuka, dan daerah - daerah hangat dari panas bumi untuk meneteskan telurnya.

7. SERANGGA BERTUNGKAI TERBESAR
Dengan sebutan Chan’s megastick ( Phobaeticus chani ), serangga ini ditemukan di hutan hujan kalimantan oleh seorang warga Kalimantan yang bekerja sebagai seorang kolektor serangga. lalu hewan ini ia serahkan kepada Natural History Museum di London. Panjang serangga ini dipercaya dapat mencapai 1.8 kaki atau sekitar 55 cm.

8. LEBAH TERBESAR
Megachile Pluto adalah lebah yang sangat besar yang terdapat di negeri kita tercinta. Lebah betinanya dapat mencapai 39 mm dengan panjang lebar sayap sebesar 63 mm. Sementara pejantannya hanya tumbuh sekitar 23 mm. Megachile Pluto dianggap sebagai lebah terbesar di dunia dan disebut juga sebagai Wallace’s Giant Bee. Megachile Pluto pertama kali ditemukan di Indonesia pada tahun 1859 oleh naturalis Alfred Russel Wallace yang menjadikannya lebah terbesar di dunia selama ini.

9. TAMBANG EMAS TERBESAR
Grasberg mine adalah tambang emas terbesar di dunia sekaligus tambang tembaga terbesar ketiga di dunia. Tambang ini terletak di Papua, Indonesia. Sayangnya, sebagian besar dimiliki oleh perusahaan asing ( Freeport ). Tahun 2006, produksi tambang Grasberg mencapai 610.800 ton tembaga, 58.474.392 g emas, dan 174.458.971 gr perak. Di tahun 2006, bayangkan berapa totalnya jika tambang tersebut beroperasi sejak tahun 1959. Kemungkinan besar jika amerika hancur lebur, maka dengan hasil dari tambang ini ( Freeport ) Amerika dapat kembali dibangun seperti sekarang.

10. OMBAK TERPANJANG DAN TERBESAR
Selama ini kita hanya mengenal pantai Kuta, Sanur, dan beberapa pantai lagi di Bali sebagai surfer paradise. Namun, ternyata selain pantai - pantai di Bali, ada sebuah pantai di Banyuwangi yang sudah terkenal di mata peselancar dunia. Tempat ini bernama Plengkung, tapi sering disebut G- Land. Sebutan ini diberikan oleh penemunya karena wilayahnya menyerupai huruf ”G” jika dilihat dari atas. Saat pertama ditemukan penemunya sedang dalam perjalanan dan menemukan G-land. Konon, G-Land memiliki ombak tertinggi kedua di dunia dan ombak terpanjang di dunia. Inilah yang membuat G-land menjadi salah satu Surfer Paradise.

11. HUTAN TROPIS TERLUAS
Hutan hujan ialah hutan tropis yang banyak menerima hujan. Biasanya, hutan hujan tropis memiliki banyak flora dan fauna. Hutan hujan yang paling terkenal adalah Hutan Amazon. Para Ilmuwan mengatakan lebih dari separuh spesies Flora dan Fauna tinggal di hutan hujan. Selain itu, lebih dari 1 / 4 obat - obatan berasal dari sini. Hutan hujan hanya meliputi wilayah sekitar 2% dari wilayah tanah bumi, tetapi hutan hujan masih menyediakan 40% oksigen. Di Indonesia Hutan tropis terluas ialah hutan tropis di provinsi Papua dengan luas mencapai 28.816 km persegi. Maka dari itu kita harus mempertahankan hutan tersebut.

12. GUA TERDALAM
Bumi tidak hanya memiliki gunung, lembah, sungai, laut, air terjun dan keindahan alam lainya. Tetapi bumi juga memiliki Gua. Ada Banyak sekali gua yang berada di Indonesia. Gua - gua tersebut sebagian terjadi secara alami dan ada juga yang dibuat. Gua alami yang terdalam di Indonesia bertempat di Kebumen, Jawa Tengah. Gua tersebut bernama Gua Petruk. Gua Petruk ini memiliki kedalaman jelajah mencapai 2000 M atau lebih tepat 2 KM.

13. LETUSAN GUNUNG TERDAHSYAT
Gunung Tambora, Pulau Sumbawa meletus bulan April tahun1815. Letusan gunung ini merupakan letusan gunung terdahsyat yang pernah terjadi di Indonesia. Letusan Tambora terdengar hingga pulau Sumatera ( lebih dari 2000 KM ) Abu vulkanik pun jatuh hingga Kalimantan, Sulawesi, Jawa, dan Maluku serta menyebabkan kematian tidak kurang dari 71.000 Jiwa. Letusan gunung Tambora juga menyebabkan perubahan iklim dunia. Akibat perubahan iklim yang drastis ini banyak panen gagal dan kematian ternak di bumi bagian utara hingga menyebabkan kelaparan terburuk pada abad ke - 19.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kekayaan Alam yang Hanya Ada di Indonesia